Rental Mobil Solo "PUTRA BIMO" menyediakan berbagai jenis armada sewa mobil solo kelas menengah hingga jenis high class seperti Xenia, Avanza, Innova, ELF, Pregio, Terios, APV, Travello, Camry hingga Alphard dengan harga kompetitif. Hubungi kami di 081-327-350-333

Keunikan Kota Solo Sebagai Kota Budaya

Keunikan Kota Solo Sebagai Kota Budaya, Keunikan kota Solo yang memang benar-benar beda dari kota lainnya. Kota Solo merupakan kota yang paling unik dan menarik untuk di kunjungi. Disamping kota yang punya banyak tempat wisata yang unik, juga mempunyai banyak sekali kuliner yang enak untuk dicicipi dari siang hari sampai malam hari. Sehingga tidak heran kalau kota ini juga dijuluki kota yang tidak pernah tidur. Karena setiap saat banyak di temui tempat-tempat kuliner yang buka pada dini hari dan selalu ramai pengunjung.

Tempat penginapan juga banyak tersedia di kota Solo ini. Mulai dari harga yang sangat murah sampai harga yang high class ada semua di kota ini. Bahkan untuk persewaan mobil juga sangat bervariasi disini dari segi harga. Banyak sekali yang menawarkan jasa sewa mobil untuk para wisatawan yang sedang jalan-jalan di kota Solo dengan harga yang terjangkau. Seperti Pare Anom sewa mobil solo juga menyediakan jasa sewa mobil yang murah dan pelayanan terbaik di kota Solo ini.

Jika Anda berwisata ke kota Solo pastinya juga harus mengetahui apa saja sih keunikan-keunikan kota ini, sehingga dijadikan tempat wisata bagi wisatawan asing maupun domestik. Mari kita simak lebih lanjut dibawah ini apa saja keunikan kota Solo yang menarik untuk Anda ketahui.

 

 

Keunikan kota Solo yang perlu Anda ketahui

Slogan untuk Kota Solo adalah “Berseri” merupakan kepanjangan dari Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah. Sesuai dengan slogan yang di punyai kota Solo tersebut memang sangat nyaman untuk ditinggali. Disamping kota yang tenang, ternyata kota solo ini untuk perihal kemacetan tidak separah kota-kota besar lainnya. Sehingga kota ini sangat cocok sekali untuk Anda jalan-jalan santai sambil melihat suasana kota ini. Terlebih lagi disaat malam hari, Anda akan benar-benar melihat kecantikan kota ini dengan berbagai hiasan lampu kota yang menarik.

Mempunyai pasar loak dan pasar barang antik

Keunikan kota solo lainnya yaitu mempunyai pasar loak dan pasar barang antik yang terkenal. Pasar Loak Khlitikan di bangun pada tahun 2006 pada masa bapak Jokowi sebagai Walikota Solo. Di pasar khlitikan tersebut, Anda akan menemui banyak sekali barang bekas yang bisa Anda manfaatkan. Biasanya warga kota Solo memang lebih suka berbelanja di pasar ini karena disamping harga murah, juga berbagai macam barang ada semua disini. Pasar terkenal lainnya di kota Solo yaitu pasar Triwindu. Pasar ini khusus menyediakan barang-barang antik yang mempunyai nilai yang tinggi. Bila Anda berjalan-jalan di pasar ini maka banyak sekali Anda temukan barang-barang yang sangat familiar pada masa kecil Anda.
Mempunyai dua keraton

Kota yang mempunyai dua keraton dalam satu kota di indonesia, ya kota Solo ini. Keunikan kota solo Dua keraton tersebut adalah Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta yang berjarak kira-kira 1 km. Walaupun kedua keraton tersebut sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti jaman dahulu, tetapi di dalam keraton tersebut masih ada sultan dan abdi dalem di dalam istana. Bahkan Selain itu, kedua keraton tersebut juga masih sering menggelar ritual dan berbagai upacara adat.
Mempunyai batik yang bagus dan unik

Pada setiap batik di setiap daerah, tentunya memiliki keunikan tersendiri yang dipunyai, sama seperti halnya juga dengan batik khas Solo. Batik Solo ini memiliki berbagai macam motif, dua dari sekian banyak motif yang terkenal yaitu batik Parang Kusumo dan batik Truntum. Pada batik Truntum motifnya identik dengan motif bunga kecil-kecil yang membentuk sebuah pola besar yang cantik.

Bahkan untuk batik Parang Kusumo juga berbeda lagi, jenis batik ini jaman dahulu memang dipakai khusus untuk para bangsawan kota Solo. Jadi untuk rakyat jelata di larang untuk memakai motif batik Parang Kusumo ini. Tetapi berkembangnya jaman motif batik Parang Kusumo ini sudah bisa dipakai oleh semua orang. Bila ingin mengenal batik lebih dalam lagi Anda bisa jalan-jalan di kampung batik laweyan yang merupakan tempat wisata batik yang terkenal di Solo.
Mempunyai kereta uap kuno untuk wisata

wisata-kereta-api-kuno-di-soloBagaimana rasanya bila Anda menaiki kereta uap yang kuno dengan asap yang mengepul didepan kereta tersebut. Dengan di sertai suara kereta kuno yang sangat khas. Bila Anda sudah penasaran dengan imaginasi yang saya jelaskan tadi, akan sangat mungkin sekali Anda merasakannya bila berada di kota Solo. Pada hari libur tertentu, kota ini menyediakan wisata menaiki kereta uap kuno berjalan di tengah kota sambil di hibur dengan musik gamelan khas Jawa. Kereta ini dinamakan Sepur Khlutuk Jaladara, yang merupakan kereta buatan Jerman pada tahun 1896. Sangat unik bukan?

Demikianlah beberapa hal yang menjadikan keunikan kota solo ini berbeda dengan kota lainnya. Simak juga artikel lainnya yang membahas  tentang kuliner khas Solo yang populer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan Anda mendalami kota Solo.

Setiap kota pasti punya daya tariknya masing-masing yang bikin orang rindu untuk melangkahkan kakinya balik lagi ke kota itu. Solo mungkin nggak semewah Jakarta atau sepopuler Jogja.  Tapi justru kesederhanaan kota Solo itulah yang seringkali bikin orang rindu untuk menginjakkan kakinya kembali di kota Bengawan ini. Nah, dari pengamatan Solocult, ada beberapa poin yang bikin Solo jadi kota yang ngangenin banget baik bagi masyarakatnya sendiri atau bagi wisatawan yang pernah mengunjunginya. Apa aja poin-poin keunikan Solo tersebut, yuk simak!

sewa mobil solo

sewa mobil solo

Solo menawarkan keramahan yang bisa ditemuin hampir di segala sudut kotanya.
“Ramah”. Kata yang kayaknya pas banget buat menggambarkan kota Solo. Pedagang di pasar, bapak pengayuh becak, tukang parkir, penjual koran di lampu merah, ibu-ibu hingga mahasiswa memberikan keramahan yang hangat itu. Nggak peduli apakah kamu orang Solo atau cuma turis yang sedang singgah sejenak di Solo, kamu bakal selalu mendapatkan keramahan yang tulus dari hati warga Solo. Sekedar senyum, teguran “monggo”, atau ucapan “matur nuwun” bakal mengisi hari-harimu selama di Solo. Ah, keramahan ini mungkin bukanlah sesuatu yang mewah ya, tapi percayalah, hal sederhana ini kelak bakal bikin kamu merindukan Solo. Bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di kota metropolitan nan sibuk, menikmati keramahan kota Solo bisa menjadi kemewahan yang nggak bisa mereka dapat di kota-kota metropolitan itu.

Solo adalah kota yang murah. Dimana lagi dengan uang 20 ribu kamu bisa makan dua kali? Dengan lauk ayam tentunya.
Murah sepertinya nggak cuma disukai ibu-ibu dan mahasiswa (terutama di akhir bulan). Murah adalah hal favorit semua orang. Makanan murah, jajanan murah, hiburan murah, baju murah, kos-kosan murah, dan segala kemurahan lainnya. Bagi kamu pecinta hal murah, Solo yang disebut-sebut sebagai kota dengan biaya hidup termurah ini bakal jadi kota yang tepat buat kamu tinggali. Kamu nggak perlu khawatir harus ngeluarin biaya yang cukup banyak untuk menikmati berbagai hal di kota Solo. Wedangan dan banyak kuliner lainnya siap mengisi perut laparmu dengan harga yang sangat ekonomis. Kos-kosan murah siap kamu tinggali. Berbagai hiburan murah siap kamu coba. Pokoknya murah deh apa-apa di sini.

Dikelilingi oleh wisata alam yang beragam

Menikmati indahnya alam bukanlah hal yang sulit buat dilakukan di Solo, karena Solo emang dekat dengan berbagai lokasi yang menawarkan keindahan alam yang asri. Ingin menikmati sejuknya pegunungan? Yuk jalan-jalan ke arah timur kota Solo. Tawangmangu yang berada di lereng gunung Lawu punya banyak pilihan lokasi untuk dikunjungi. Tawangmangu ini hampir sama dengan Puncak yang sering dijadikan destinasi warga Jakarta. Bedanya, Tawangmangu bebas macet, hehe. Sebelum sampai ke sana, kamu bisa mampir ke Kemuning. Hamparan kebun tehnya bisa melepaskan rasa penat atau kebosanan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Naik ke atas lagi, kamu bisa mampir ke air terjun Grojogan Sewu. Atau bagi kamu yang benar-benar berjiwa petualang, coba taklukan gunung Lawu dari pos pendakian Cemoro Sewu atau Cemoro Kandhang. Ingin bermain air? Kamu bisa langsung meluncur ke berbagai tempat wisata dengan sumber mata air di kawasan Klaten. Di Umbul Ponggok atau Umbul Manten, kamu bisa merasakan sensasi berenang di mata air alami bersama kawanan ikan. Ingin yang lebih ekstrim seperti olahraga paralayang? Ada! Kamu tinggal sedikit ke arah selatan, tepatnya di Wonogiri kamu bisa nemuin hal ini.

Banyak kuliner yang bisa memanjakan perutmu selama menjelajah Solo.
Lapar adalah hal yang pantang terjadi buat kamu yang sedang menjelajah kota Solo, karena di setiap sudut kota Solo terdapat kuliner-kuliner yang bisa dan kamu coba kenikmatannya. Selat segar Solo, serabi solo, tahu kupat, cabuk rambak, tengkleng dan masih banyak lagi. Malam hari bukan jadi halangan untuk berburu kuliner di Solo. Wedang ronde, wedangan, nasi liwet, wedang asle siap menemani malammu di kota Solo. Oh, tentu saja kuliner-kuliner ini bisa kamu cicipi dengan harga yang amat sangat terjangkau. Jadi, jangan takut kelaparan kalau kamu lagi jalan-jalan ke Kota Solo! Kebutuhanmu akan wisata kuliner bakal terpenuhi!

Solo adalah kota yang masih begitu kental kebudayaannya.
Nggak salah kalau Solo punya julukan The Spirit Of Java. Yap, kota kecil nan asri ini memang masih sangat kental pengaruh budaya Jawanya. Kamu bisa nemuin gedung-gedung kebudayaan lengkap dengan pertunjukannya kayak ketoprak, wayang orang, dan lain sebagainya.

Nah, beberapa poin yang nggambarin keunikan Kota Solo itu tadi bakal bikin kamu semua rindu, pengen lagi dan lagi berkunjung ke kota ini. Jadi gimana? Mau coba merasakan hal-hal itu? Atau mungkin udah adakah kenangan tentang Solo yang melekat di pikiranmu? Sharing yuk!

Setiap kota pasti punya daya tariknya masing-masing yang bikin orang rindu untuk melangkahkan kakinya balik lagi ke kota itu. Solo mungkin nggak semewah Jakarta atau sepopuler Jogja.  Tapi justru kesederhanaan kota Solo itulah yang seringkali bikin orang rindu untuk menginjakkan kakinya kembali di kota Bengawan ini. Nah, dari pengamatan Solocult, ada beberapa poin yang bikin Solo jadi kota yang ngangenin banget baik bagi masyarakatnya sendiri atau bagi wisatawan yang pernah mengunjunginya. Apa aja poin-poin keunikan Solo tersebut, yuk simak!

Solo menawarkan keramahan yang bisa ditemuin hampir di segala sudut kotanya.
“Ramah”. Kata yang kayaknya pas banget buat menggambarkan kota Solo. Pedagang di pasar, bapak pengayuh becak, tukang parkir, penjual koran di lampu merah, ibu-ibu hingga mahasiswa memberikan keramahan yang hangat itu. Nggak peduli apakah kamu orang Solo atau cuma turis yang sedang singgah sejenak di Solo, kamu bakal selalu mendapatkan keramahan yang tulus dari hati warga Solo. Sekedar senyum, teguran “monggo”, atau ucapan “matur nuwun” bakal mengisi hari-harimu selama di Solo. Ah, keramahan ini mungkin bukanlah sesuatu yang mewah ya, tapi percayalah, hal sederhana ini kelak bakal bikin kamu merindukan Solo. Bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di kota metropolitan nan sibuk, menikmati keramahan kota Solo bisa menjadi kemewahan yang nggak bisa mereka dapat di kota-kota metropolitan itu.

Solo adalah kota yang murah. Dimana lagi dengan uang 20 ribu kamu bisa makan dua kali? Dengan lauk ayam tentunya!
Murah sepertinya nggak cuma disukai ibu-ibu dan mahasiswa (terutama di akhir bulan). Murah adalah hal favorit semua orang. Makanan murah, jajanan murah, hiburan murah, baju murah, kos-kosan murah, dan segala kemurahan lainnya. Bagi kamu pecinta hal murah, Solo yang disebut-sebut sebagai kota dengan biaya hidup termurah ini bakal jadi kota yang tepat buat kamu tinggali. Kamu nggak perlu khawatir harus ngeluarin biaya yang cukup banyak untuk menikmati berbagai hal di kota Solo. Wedangan dan banyak kuliner lainnya siap mengisi perut laparmu dengan harga yang sangat ekonomis. Kos-kosan murah siap kamu tinggali. Berbagai hiburan murah siap kamu coba. Pokoknya murah deh apa-apa di sini.

Dikelilingi oleh wisata alam yang beragam
Short escape untuk menikmati indahnya alam bukanlah hal yang sulit buat dilakukan di Solo, karena Solo emang dekat dengan berbagai lokasi yang menawarkan keindahan alam yang asri. Ingin menikmati sejuknya pegunungan? Yuk jalan-jalan ke arah timur kota Solo. Tawangmangu yang berada di lereng gunung Lawu punya banyak pilihan lokasi untuk dikunjungi. Tawangmangu ini hampir sama dengan Puncak yang sering dijadikan destinasi warga Jakarta. Bedanya, Tawangmangu bebas macet, hehe. Sebelum sampai ke sana, kamu bisa mampir ke Kemuning. Hamparan kebun tehnya bisa melepaskan rasa penat atau kebosanan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Naik ke atas lagi, kamu bisa mampir ke air terjun Grojogan Sewu. Atau bagi kamu yang benar-benar berjiwa petualang, coba taklukan gunung Lawu dari pos pendakian Cemoro Sewu atau Cemoro Kandhang. Ingin bermain air? Kamu bisa langsung meluncur ke berbagai tempat wisata dengan sumber mata air di kawasan Klaten. Di Umbul Ponggok atau Umbul Manten, kamu bisa merasakan sensasi berenang di mata air alami bersama kawanan ikan. Ingin yang lebih ekstrim seperti olahraga paralayang? Ada! Kamu tinggal sedikit ke arah selatan, tepatnya di Wonogiri kamu bisa nemuin hal ini. Keren kan?

Banyak kuliner yang bisa memanjakan perutmu selama menjelajah Solo.
Lapar adalah hal yang pantang terjadi buat kamu yang sedang menjelajah kota Solo, karena di setiap sudut kota Solo terdapat kuliner-kuliner yang bisa dan kamu coba kenikmatannya. Selat segar Solo, serabi solo, tahu kupat, cabuk rambak, tengkleng dan masih banyak lagi. Malam hari bukan jadi halangan untuk berburu kuliner di Solo. Wedang ronde, wedangan, nasi liwet, wedang asle siap menemani malammu di kota Solo. Oh, tentu saja kuliner-kuliner ini bisa kamu cicipi dengan harga yang amat sangat terjangkau. Jadi, jangan takut kelaparan kalau kamu lagi jalan-jalan ke Kota Solo! Kebutuhanmu akan wisata kuliner bakal terpenuhi!

Solo adalah kota yang masih begitu kental kebudayaannya.
Nggak salah kalau Solo punya julukan The Spirit Of Java. Yap, kota kecil nan asri ini memang masih sangat kental pengaruh budaya Jawanya. Kamu bisa nemuin gedung-gedung kebudayaan lengkap dengan pertunjukannya kayak ketoprak, wayang orang, dan lain sebagainya.

Nah, beberapa poin yang nggambarin keunikan Kota Solo itu tadi bakal bikin kamu semua rindu, pengen lagi dan lagi berkunjung ke kota ini. Jadi gimana? Mau coba merasakan hal-hal itu? Atau mungkin udah adakah kenangan tentang Solo yang melekat di pikiranmu? Sharing yuk!

Keistimewaan dan keunikan kota Solo yang tidak dimiliki kota lainnya. Yaitu keberadaan Bus Tingkat atau yang lebih dikenal oleh penduduk setempat dengan sebutan bus tumpuk atau bis tumpuk. Sayangnya, keunikan itu kini sudah tidak dijumpai lagi di kota bersumbu politik pendek itu. Bersama dengan kota Jakarta, Surabaya, dan Makassar, dulu bus tingkat pernah eksis cukup lama di empat kota tersebut. Hanya Solo lah satu-satunya kota kecil yang memperoleh keistimewaan itu.

Rute Bus tingkat di Solo kala itu menempuh jurusan dari Terminal Kartosuro (Sukoharjo) ke Terminal Palur (Karanganyar) PP (Pergi-Pulang). Hanya saja, ada sedikit perbedaan rute jalan antara pergi-pulangnya. Kalau dari arah Kartosuro, bus tingkat itu melalui Jalan Jenderal AhmadYani, Kampus UMS Pabelan, RS YARSIS, Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jend. Soedirman, Pasar Gedhe, Panggung, Jebres, Kampus UNS, Taman Jurug, dan kemudian berakhir di Terminal Palur.

Untuk menempuh jarak sepanjang ± 20 KM itu, bus siput ini butuh waktu antara 1-1,5 jam. Sementara kalau dari arah Palur, bus tingkat itu melalui Taman Jurug, Kampus UNS Kentingan, Jebres, Panggung, Pasar Gedhe, Balai Kota Surakarta, Jalan Jend. Soedirman, Gladak, Matahari Beteng, menyusuri kawasan Pasar Kliwon, RS. Kustati, kemudian Pasar Gading (Alun-Alun Kidul), Gemblegan, Ponpes Jamsaren, Pringgolayan, Lapangan Tipes, SMA 7, Bunderan Baron, SD Ta’mirul Islam, SMP/STM Murni, RS DKT, kemudian Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Jajar, Kleco, Pabelan, dan berakhir di Terminal Kartosuro (lama). Waktu tempuh dari Palur ke Kartosuro relatif lebih lama daripada Kartosuro ke Palur, karena jalur-jalur yang dilalui lebih jauh dan berliku-liku.

Ada beberapa cerita tanpa sumber jelas tentang sejarah bus tingkat di kota Solo yang notabene adalah kota kecil dan bukan kota ibukota provinsi. Konon, berdasarkan cerita-cerita orang-orang tua dulu, bus tingkat bisa ada di Solo karena peran serta Pak Harto (Presiden Kedua RI) dan bu Tien (Tien Soeharto). Pada masa pemerintahan Pak Harto, Solo diupayakan bisa seperti Jakarta. Kota Solo boleh dibilang adalah kotanya pak Harto dan bu Tien. Ini seperti Pak Karno dengan Blitar atau SBY dengan Pacitan. Terlebih lagi, ibu Tien tidak hanya sekedar orang Solo namun juga keturunan kerabat Mangkunegaran. Atas permintaan bu Tien, maka pak Harto kemudian mengirimkan beberapa unit bus tingkat untuk beroperasi di Solo. Kebetulan secara topografi (bener nggak sih saya pakai istilah ini? CMIIW), permukaan tanah kota Solo relatif rata dan datar sehingga pas jika diberi bus tingkat. Awalnya sebuah bis tingkat pertama masuk ke kota Solo pada tahun 1983 (CMIIW). Singkat cerita, beberapa tahun kemudian jumlah bis tingkat menjadi 30 buah.
Bus tingkat sekarang memang sudah tidak dijumpai di kota Solo. Di kota-kota lain pun juga sudah tidak ada. Solo adalah kota terakhir yang menghapus keberadaan bus tingkat. Habisnya karir bus tingkat Solo sepertinya berawal dari krisis moneter dan kemudian juga karena perkembangan zaman. Ketika itu, semenjak badai krisis moneter mulai kisaran tahun 1997-an, seluruh harga-harga barang melambung tinggi. Hal itu juga memicu meningkatnya biaya perawatan bus tingkat yang menggunakan mesin pabrikan Volvo. Terlebih lagi komponen-kompenen suku cadangnya harus didatangkan langsung dari luar negeri. Mau tidak mau biaya perawatanpun membengkak.

Perkembangan zaman dan mahalnya biaya perawatan sementara pendapatan dari bus tingkat tidak mencukupi biaya perawatannya, memaksa Perum Damri sebagai pengelola bus tingkat ketika itu kemudian mempensiunkan total bus tingkat di kota Solo. Aku lupa pastinya kapan bus tingkat di Solo benar-benar dihilangkan.

keistimewaan dan keunikan kota Solo yang tidak dimiliki kota lainnya. Yaitu keberadaan Bus Tingkat atau yang lebih dikenal oleh penduduk setempat dengan sebutan bus tumpuk atau bis tumpuk. Sayangnya, keunikan itu kini sudah tidak dijumpai lagi di kota bersumbu politik pendek itu. Bersama dengan kota Jakarta, Surabaya, dan Makassar, dulu bus tingkat pernah eksis cukup lama di empat kota tersebut. Hanya Solo lah satu-satunya kota kecil yang memperoleh keistimewaan itu.

Rute Bus tingkat di Solo kala itu menempuh jurusan dari Terminal Kartosuro (Sukoharjo) ke Terminal Palur (Karanganyar) PP (Pergi-Pulang). Hanya saja, ada sedikit perbedaan rute jalan antara pergi-pulangnya. Kalau dari arah Kartosuro, bus tingkat itu melalui Jalan Jenderal AhmadYani, Kampus UMS Pabelan, RS YARSIS, Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jend. Soedirman, Pasar Gedhe, Panggung, Jebres, Kampus UNS, Taman Jurug, dan kemudian berakhir di Terminal Palur. Untuk menempuh jarak sepanjang ± 20 KM itu, bus siput ini butuh waktu antara 1-1,5 jam.

Sementara kalau dari arah Palur, bus tingkat itu melalui Taman Jurug, Kampus UNS Kentingan, Jebres, Panggung, Pasar Gedhe, Balai Kota Surakarta, Jalan Jend. Soedirman, Gladak, Matahari Beteng, menyusuri kawasan Pasar Kliwon, RS. Kustati, kemudian Pasar Gading (Alun-Alun Kidul), Gemblegan, Ponpes Jamsaren, Pringgolayan, Lapangan Tipes, SMA 7, Bunderan Baron, SD Ta’mirul Islam, SMP/STM Murni, RS DKT, kemudian Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Jajar, Kleco, Pabelan, dan berakhir di Terminal Kartosuro (lama). Waktu tempuh dari Palur ke Kartosuro relatif lebih lama daripada Kartosuro ke Palur, karena jalur-jalur yang dilalui lebih jauh dan berliku-liku.

Ada beberapa cerita tanpa sumber jelas tentang sejarah bus tingkat di kota Solo yang notabene adalah kota kecil dan bukan kota ibukota provinsi. Konon, berdasarkan cerita-cerita orang-orang tua dulu, bus tingkat bisa ada di Solo karena peran serta Pak Harto (Presiden Kedua RI) dan bu Tien (Tien Soeharto). Pada masa pemerintahan Pak Harto, Solo diupayakan bisa seperti Jakarta. Kota Solo boleh dibilang adalah kotanya pak Harto dan bu Tien. Ini seperti Pak Karno dengan Blitar atau SBY dengan Pacitan. Terlebih lagi, ibu Tien tidak hanya sekedar orang Solo namun juga keturunan kerabat Mangkunegaran. Atas permintaan bu Tien, maka pak Harto kemudian mengirimkan beberapa unit bus tingkat untuk beroperasi di Solo. Kebetulan secara topografi (bener nggak sih saya pakai istilah ini? CMIIW), permukaan tanah kota Solo relatif rata dan datar sehingga pas jika diberi bus tingkat. Awalnya sebuah bis tingkat pertama masuk ke kota Solo pada tahun 1983 (CMIIW). Singkat cerita, beberapa tahun kemudian jumlah bis tingkat menjadi 30 buah.
Bus tingkat sekarang memang sudah tidak dijumpai di kota Solo. Di kota-kota lain pun juga sudah tidak ada. Solo adalah kota terakhir yang menghapus keberadaan bus tingkat. Habisnya karir bus tingkat Solo sepertinya berawal dari krisis moneter dan kemudian juga karena perkembangan zaman. Ketika itu, semenjak badai krisis moneter mulai kisaran tahun 1997-an, seluruh harga-harga barang melambung tinggi. Hal itu juga memicu meningkatnya biaya perawatan bus tingkat yang menggunakan mesin pabrikan Volvo. Terlebih lagi komponen-kompenen suku cadangnya harus didatangkan langsung dari luar negeri. Mau tidak mau biaya perawatanpun membengkak.

Perkembangan zaman dan mahalnya biaya perawatan sementara pendapatan dari bus tingkat tidak mencukupi biaya perawatannya, memaksa Perum Damri sebagai pengelola bus tingkat ketika itu kemudian mempensiunkan total bus tingkat di kota Solo. Aku lupa pastinya kapan bus tingkat di Solo benar-benar dihilangkan.

Paket Wisata Persewaan Mobil Solo ” Bimo “ Sewa Mobil Solo Executif melayani berbagai paket wisata diantara nya                ;    Paket wisata puncak yang rutenya atau obyek wisata nya teriri dari

Air terjun Tawangmangu dan Balekambang

Cemoro Sewu , Telaga Sarangan di wilayah jawa timur.

Tarip sewa mobil yang akan di gunakan antara lain  :

Zenia , Afanza                                                                        Rp.   450.000,-

Terios , Apv , Grand livina                                               Rp.   500,000,-

Innova , Trafelo , Elp , Pregio                                          Rp.   600.000,-

Candi Cetho , Candi Sukuh , Giri bangun tarip sewa yang di tawarkan dari kami Rent Car Solo selisih nya tidak jauh karena areal yang di tuju hampir searah . Disini yang membedakan hanyalah jarak dan waktu tempuh untuk anda bisa menikmati tempat wisata tersebut dengan puas .Karena kami yakin dari tiga lokasi tersebut hanya bisa puas jika waktu sehari di bagi untuk ke tiga obyek wisata . sedangkan obyek wisata Pantai yang masih di lingkup Joglosemar antara lain :

Pantai Baron , Drini Sondak , Indrayanti dan sekitar nya tarip dari  Rental Mobil Solo memberikan pilihan armada yang akan anda gunakan diantara nya :

Zenia , Afanza                                                                          Rp.   500.000,-

Terios , Apv , Grand livina ,                                              Rp.   550.000,-

Innova                                                                                        Rp.   650.000,-

Trafelo , Pregio , Elp                                                             Rp.   700.000,-

Untuk wisata pantai Depok dan Parang tritis dan Maliboro tarip yang kami tawarkan sama karena masih satu jurusan . Sedang wilayah pantai yang berkisar di Baron jika akan menambah lokasi ke kota Yogyakarta tentunya lain ,karena jarak yang di tempuh lebih jauh,akan tetapi kami Sewa Mobil Solo selalu melayani sesuai permintaan custemers .

Untuk wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan kota Malioboro pun kami juga akan menawarkan dengan harga yang setandar , karena inti dari ” Bimo “ Rent Car di  Solo disini turut memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di sekita Joglosemar . Dan kami jasa yang ingin kota kami maju dengan pariwisata nya , karena ternyata obyek wisata di kota kami juga kondang kemanca negara , seperti museum purbakala pun juga menjadi bidikan para wisatawan domestik maupun asing . Dengan demikian secara otomatis kota kami pendapatan perkapita akan meningkat dan pertumbuhan ekonomi nya pun tidak jauh berbeda .

Jika ada menginginkan berlibur di kota kami solo , jangan kawatir anda pasti akan bisa melihat kekayana seni dan budaya yang dimiliki kota kami . Dengan mempercayakan kepada kami Mobil Rental Solo anda akan di pandu dan di layani dengan baik dan memuaskan . Harapan kami setelah anda menikmati Panorama kota solo anda akan bisa cerita kepada sanak saudara atau pun sahabat anda tentang keindahan dan kekayaan seni budaya kota kami . Untuk itu kami ” Bimo “ Sewa dan Rental Mobil Solo berharap pengunjung kota kami juga berasal dari referensi tamu yang pernah kami layani dengan baik dan merasakan kepuasan .

Rental Mobil Solo “PUTRA BIMO” menyediakan berbagai jenis armada sewa mobil solo kelas menengah hingga jenis high class seperti Xenia, Avanza, Innova, ELF, Pregio, Terios, APV, Travello, Camry hingga Alphard dengan harga kompetitif. Hubungi kami di 081-327-350-333

Please rate this

Rental Mobil Solo PUTRA BIMO senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan persewaan mobil di Solo dengan selalu menyediakan armada sewa mobil Solo dengan harga kompetitive. Hotline: 081327350333 Telp/Wa/SMS
We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Rental Mobil Solo | Call: 081327350333 Persewaan Mobil Event di Solo Murah
Rental Mobil Solo | Call: 081327350333 Persewaan Mobil Event di Solo Murah